Senin, 10 Desember 2012

Peluang

Suatu ketika ada seorang petani yang memiliki tanah pertanian yang sangat indah dengan danau yang juga sangat indah di dekat tanah pertanian tersebut.

Suatu hari saat dia sedang bertani, seorang asing lewat di tanah pertaniannya. Orang asing ini bertanya kepada petani tersebut, "Apakah anda melihat berlian dekat-dekat sini?"

Petani itu terheran-heran dan bertanya "Berlian itu apa?"

Giliran orang asing tersebut yang terheran-heran "Anda tidak tahu berlian itu apa? Berlian itu batu mulia, kalau anda punya batu mulia sebesar ibu jari anda, anda bisa membeli seluruh desa ini, dan kalau anda punya berlian sebesar kepalan tangan anda, anda bisa membeli seluruh kota."

Petani itu terkejut dan bertanya, "Dimana saya bisa mendapat berlian ini?"

Orang asing itu berkata, "Berlian-berlian ini sangat banyak terdapat di daerah Afrika."

Petani ini kemudian menjual semua tanah dan danaunya yang indah kepada petani yang lain dan pergi ke Afrika. Petani ini pergi sendiri dan meninggalkan keluarganya di desa. Sepuluh tahun mencari di Afrika, petani ini tidak menemukan apapun.

Tetapi kemudian petani yang membeli tanah dan danau indah itu kemudian menemukan sesuatu. Pada saat dia sedang duduk di danau, dia melihat suatu benda berkilauan di tepi danau itu, dia pun mengambil benda itu. Ternyata benda berkilau itu adalah berlian sebesar kepalan tangannya.

Sungguh, terkadang peluang sukses ada di sekitar kita, hanya seringkali kita tidak melihatnya karena tertutup angan-angan kita yang sangat besar dan kurang menggali di sekitar kita.

Sudahkah kita mengamati dan memaksimalkan setiap peluang sukses disekitar kita, atau kita terlalu silau oleh berlian di tempat lain yang belum tentu ada.

Semoga bermanfaat untuk sukses anda.

Salam

MacSukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.