Rabu, 19 Desember 2012

Makna dibalik masalah

Pada jaman dahulu ada seorang raja. Raja ini kemudian meletakkan sebuah batu yang sangat besar di tengah-tengah jalan raya.
Raja ini kemudian bersembunyi didekat batu besar tersebut untuk melihat apa saja yang dilakukan rakyatnya saat melihat batu besar itu.
Beberapa rakyat yang menduduki posisi cukup lumayan di kerajaan melalui jalan raya itu dan menggerutu kemudian lewat tepi jalan dengan susah menghindari batu tersebut.
Hari semakin siang dan semakin banyak orang yang melewati jalan tersebut, banyak orang yang kemudian juga menggerutu mengapa ada batu besar di tengah jalan, mengapa sang raja tidak perduli kepada kepentingan rakyat, mengapa raja membiarkan ada batu besar di tengah jalan, mengapa pemerintah kerajaan tidak perduli kepada kepentingan umum.
Kemudian lewatlah juga seorang petani yang membawa sejumlah besar hasil pertaniannya di gendong di punggungnya. Si petani berjalan mendekat ke batu besar tersebut dan melihatnya dengan heran.
Tapi kemudian petani ini berpikir, akan ada banyak temannya yang lain yang akan melewati jalan ini dan susah untuk lewat. Segera dia menurunkan hasil taninya dan berusaha untuk mendorong batu besar tersebut ke pinggir.

Setelah berusaha dengan keras mendorong dan mendorong, akhirnya batu besar tersebut dapat dia pinggirkan.
Setelah menghela napas lega, si petani ini kemudian mengambil hasil taninya dan siap untuk memanggulnya lagi, saat itulah dia lalu melihat ada kantong tergeletak tepat dibawah tempat batu besar tadi berada.
Si petani mengambil kantong tersebut kemudian membukanya, isinya ternyata sejumlah besar koin emas dan ada kertas berisi tulisan dengan tanda tangan raja di dalam kantong itu. Tulisan itu berbunyi : Barang siapa yang telah memindahkan batu besar ini berhak untuk membawa pulang kantong berisi koin emas ini, ttd RAJA.

Si Petani telah mempelajari hal yang kebanyakan orang masih sukar untuk mengerti. "Setiap Masalah Sebenarnya Mengandung Kesempatan Dibaliknya Untuk Bisa Meningkatkan Keadaaan Diri Kita Saat ini"

Tergantung bagaimana kita menyikapi masalah, apakah hanya menggerutu, hanya komplain, dan masalah tersebut tetap tidak selesai,

ataukah melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah sesulit apapun masalah itu kemudian mendapat berkah yang ada dibalik masalah tersebut.

Semoga bermanfaat
Salam
MacSukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.